Wednesday, April 20, 2011

Kemiskinan Bukan Alasan Utama Aksi Terorisme

http://news.okezone.com/read/2011/04/20/337/448276/kemiskinan-bukan-alasan-utama-aksi-terorisme
Rabu, 20 April 2011 17:25 wib

Ferdinan - Okezone

JAKARTA - Peneliti senior aksi terorisme dari International Crisis Group Sidney Jones mengatakan, kemiskinan bukan faktor utama pemicu aksi teror.

"Sebetulnya memang ada pelaku terorisme yang berasal dari orang miskin, tapi ada yang tidak miskin, ada yang berpendidikan rendah, ada juga yang tinggi. Kita harus memahami latar belakang pelaku terorisme," kata Sidney dalam diskusi di Gedung DPD, Jakarta, Rabu (20/4/2011).

Ilustrasi
Menurut Sidney, pelaku bom bunuh diri juga tidak bisa dikategorikan sebagai orang frustasi. "Kalau kita melihat pelaku pembom bunuh diri bukan karena frustasi. Kalau dilihat dari surat wasiat, mereka menyatakan bersedia mengorbankan diri untuk menolong orang-orang yang tertindas di dunia, mereka yakin akan mati syahid," jelas dia.

"Ketika perekonomian turun, tidak sama sekali berarti radikalisme naik. Contohnya ketika keadaan miskin di tahun 1998 sama sekali tidak meningkatkan radikalisme terorisme," sambungnya.

Pemerintah, kata Sidney, seharusnya melakukan tindakan antisipasi tepat, tidak hanya melakukan kegiatan pencegahan yang sifatnya formal. "Harus ada pengawasan baik di penjara ataupun saat terpidana terorisme bebas," ujarnya.(ded)

No comments:

Post a Comment