Tuesday, July 2, 2013

Indonesia Termasuk Negara ''Paling Rasis'' di Dunia

http://www.metrotvnews.com/lifestyle/read/2013/05/17/912/154496/Survei-Indonesia-Termasuk-Negara-Paling-Rasis-di-Dunia
Prita Daneswari



Metrotvnews.com: Penduduk Indonesia ternyata termasuk salah satu negara yang masih belum menoleransi hadirnya ras bangsa lain di dalam lingkungannya. Hal itu terungkap dalam sebuah studi yang dilakukan World Value Survey yang mengukur perilaku sosial penduduk dunia.

Studi itu mengklaim bahwa bangsa yang kurang toleran terhadap ras lain berasal dari negara-negara berkembang, termasuk Bangladesh, Yordania, dan India.

Adapun studi tersebut dilakukan dengan menanyakan partisipan secara individual, tipe orang seperti apa yang tidak mereka inginkan untuk hidup berdampingan dalam sebuah lingkungan. Peneliti juga menghitung berapa yang menghindari ras bangsa lain. Orang yang tidak ingin bertetangga dengan ras bangsa lain lalu dinilai sebagai pribadi yang intoleran.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (16/5), negara dengan jumlah orang intoleran tertinggi adalah Hong Kong dengan  71,8 persen populasinya menolak bertetangga dengan orang beda ras. Setelah itu, Bangladesh dengan 71,7 persen, Yordania 51,4 persen, dan India dengan 43,5 persen.

Adapun Indonesia bersama dengan Mesir, Arab Saudi, Iran, Vietnam, dan Korea Selatan memiliki populasi hingga 39,9 persen yang menolak bertetangga dengan bangsa asing. Enam negara ini, dalam peta yang terlihat di gambar, berada di level tertinggi kedua, dengan angka intoleransi 30 hingga 39,9 persen. Semakin tinggi tingkat intoleransi akan semakin merah warnanya. 

Sebaliknya, studi yang dilakukan terhadap 80 negara selama tiga dekade ini menemukan negara Barat seperti Inggris, Amerika, dan Kanada, memiliki penduduk yang sangat toleran dengan ras bangsa lain. (Dailymail)

No comments:

Post a Comment